Jumat, 27 Oktober 2017

Pengertian Jaringan Komputer Serta Tujuannya

Pengertian Jaringan Komputer Serta Tujuannya - Jaringan komputer yaitu merupakan suatu sistem yang terbentun dari beberapa perangkat komputer maupun jaringan yang menjadikan terbentuknya jaringan telekomunikasi antar perangkat sehingga mencapai satu tujuan yang sama, Jaringan komputer dapat juga di artikan sebagai titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lainnya, baik melalui kabel ataupun nirkabel. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir semua aplikasi jaringan komputer.



sebagai contoh ada Dua buah komputer yang masing-masing memiliki suatu kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel ataupun nirkabel sebagai medium transmisi datanya, kemudian di hubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya sehingga kedua komputer tersebut dapat berkomunikasi satusamalain. Namun, Apabila anda ingin membuat jangkauan dari jaringan komputer yang lebih luas, maka sangat diperlukan beberapa peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai perangkat penghubungnya. Pada dasarnya teknologi jaringan komputer itu sendiri merupakan perpaduan anatara tenologi komputer dan juga teknologi komunikasi. Baca juga: Perangkat Keras Jaringan Komputer

Tujuan Pembuatan Jaringan Komputer
Pada awal pembuatan suatu jaringan seseorang tentunya memiliki tujuan tersendiri sehingga ia membuat suatu jaringan komputer, berikut adalah tujuan umum pembuatan suatu jaringan.
  • Jaringan sebagai media mempertahankan informasi agar tetap up-to-date: Pengelolaan Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik dapat di akses juga oleh banyak pengguna dari berbagai lokasi yang berbeda, ataupun juga dapat membatasi akses dari pengguna pada waktu yang bersamaan. 
  • Jaringan menjadikan manajemen sumber daya lebih efisien, Dengan adanya jaringan komputer akan menjadikan satu perangkat komputer dapat di pakai oleh banyak pengguna sekaligus sehingga pengguna tidak perlu memiliki perangkat satu persatu. contohnya yaitu suatu printer.
  • Jaringan sebagai media mempercepat proses berbagi data (data sharing). sebelum Adanya jaringan komputer Transfer data pada suatu jaringan sangatlah lambat sehingga memakan waktu yang cukup lama, dan setelah adanya Jaringan komputer proses transper data menjadi lebih cepat dan tepat tentunya.
  • Jaringan sebagai media usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat menjadikan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
  • Jaringan menjadikan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya sebagai media team bekerja lebih produktif.
Sekian postingan kali ini terntang Pengertian Jaringan Komputer serta Tujuannya, dapat di simpulkan dari artikel kali ini bahwa jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terhubung satu sama lainnya, dan bertujuan membentuk sebuah komunikasi dalam jaringan antar perangkat tersebut.

Terimakasi banyak telah telah mengunjungi arikel tentang pengertian jaringan komputer ini semoga artikel ini dapat menjadikan bermanfaat untuk anda dan juga menjadiakn salah satu tambahan ilmu untuk anda yang membacanya, sekali lagi saya ucapkan terimakasi dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan penjelasan saya. Baca Juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Bila ada pertnyaan seputar Teknologi, Komputer dan Jaringan jangan ragu Komentar di kolom komentar di bawah,  Terimakasih .....
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Jaringan Komputer Serta Tujuannya

0 komentar:

Posting Komentar