Jumat, 27 Oktober 2017

Sejarah jaringan komputer Lengkap

Sejarah jaringan komputer Lengkap - Awal mulanya jaringan komputer hadir ketika suatu konsep jaringan komputer yang deperoleh dari proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard tahun 1940-an yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada awal mulanya proyek tersebut akan memanfaatkan bagaimana suatu perangkat komputer dapat dipakai berdengan sehingga dapat mengerjakan beberapa proses sekaligus dan tidak membuang waktu. Setelah itu dibuatlah Batch Processing (prosess beruntun) sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam suatu komputer dengan sistem antrian.

sejarah jaringan

dengan terciptanya suatu super komputer, maka diharuskan suatu komputer untuk dapat melayani tempat yang tersedia terminal. Oleh karena itu ditemukanlah konsep distribusi proses berdasarkan waktu disingkat menjadi TSS (Time Sharing System). Dari TTS (Time Sharing System)lah kemudian untuk pertama kalinya jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer Lengkap dan Jenisnya

Dalam TSS ada perpaduan teknologi komputer teknologi telekomunikasi dari yang awalnya sendiri-sendiri. dengan begitu pada tahun 1960 Program riset di mulai yang kenal dengan nama ARPANET. Setelah itu mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan suatu pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri pada setiap host komputer. Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi yang memadukan antara teknologi komputer dan juga teknologi komunikasi kemudian munculah berbagai teknologi komunikasi yang digabungkan dengan teknologi komputer dan jaringan seperti e-mail, internet dan lain lainnya.

perkembangan tidak sampai di situ kemudian terbentuklah Usernet (User Network) Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan suatu protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Sehingga pada tahun 1982 dibentuk suatu Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal sampai sekarang. Selanjutnya di Europa terbentuk jaringan Euronet namun hanya ada di europa saja sehinnga pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system (DNS). Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.

Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pemakai komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat.

tak kurang dari 100000 komputer membentuk suatu jaringan.Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang suatu programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web. Baca Juga: Word Wide Web Pengertian dan Fungsi nya

Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer di tahun 1992.Dan di tahun yang dengan muncul istilah surfing (menjelajah). Dan di tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Pada tahun yang dengan Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahirannya.

Itulah sekilas sejarah megenai  Sejarah jaringan komputer, semoga dengan adanya artikel ini menjadikan kita bertambah ilmu dan pengetahuan, terimakasi telah mengunjungi artikel saya kali ini.. kalo ada pertanyaan, kritik atau sasan langsung aja komen di kolom komentar di bawah....
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah jaringan komputer Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar