Rabu, 29 November 2017

10 Contoh Perangkat Lunak Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

10 Contoh Perangkat Lunak Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya - Perangkat lunak komputer adalah bagian atau komponen dari komputer yang memiliki bentuk digital. Tak berwujud fisik, tidak bisa disentuh, tapi kita bisa melihat dan kita mengedit. Istilah lain perangkat ini adalah perangkat lunak. Kita juga bisa menafsirkan perangkat dalam bentuk data yang dapat disimpan secara digital secar mudah dibaca dan diinstal pada komputer. Contohnya termasuk sistem operasi komputer dan contoh-contoh lain yang kita bahas pada kesempatan ini.

Komputer tanpa software seperti orang hanya bisa diam tapi tidak mendengar, tidak bisa mengatakan untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, perangkat lunak komputer sangat penting, dan pada kesempatan ini, untuk memperkaya pengetahuan komputer, kita akan mencoba untuk membahas berbagai perangkat lunak komputer dan juga fungsi dari masing-masing.

10 Contoh Perangkat Lunak Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya


Berikut 10 jenis perangkat lunak yang setidaknya pada komputer secara umum. Dan kemungkinan besar ada juga pada komputer Anda, mari kita lihat satu per satu. 

1. perangkat lunak sistem (sistem operasi komputer)
Ini adalah perangkat lunak utama yang ada pada komputer. Sistem operasi (Operating System) adalah sebuah perangkat yang bertindak sebagai penghubung antara controller, perangkat keras komputer dan perangkat lunak lainnya. Controller dan juga bertugas sebagai manajer komputer apliksai. Baca juga: Pengertian Sistem Operasi lengkap Dengan Contohnya

Dapat kita katakan, perangkat sistem operasi adalah perangkat lunak pertama sebagai dasar sebelum aplikasi lainnya (perangkat lunak) yang akan mengisi komputer Anda. Ada beberapa jenis penyedia dan jenis sistem operasi komputer ada beberapa yang terkenal yaitu Windows, Mac dan Linux.

Di Indonesia, persentase terbesar dari pengguna komputer adalah sistem operasi Windows. Bagaimana sejarahnya aku juga tidak tahu tapi kemungkinan, karena windows memiliki jaringan pemasaran yang luas, penggunaan mudah dan juga dapat diinstal di hampir semua merek perangkat keras komputer.

2. Microsoft Office (perangkat lunak perkantoran)
Setelah kita mengetahui perangkat dalam sebuah sistem komputer, sekarang kita beralih pada aplikasi perangkat? Apa adalah aplikasi perangkat? Perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi aplikatif atau terpasang dan terhubung dengan sistem. Tanpa perangkat sistem, perangkat aplikasi tidak bisa diinstal apalagi berjalan. Salah satu kemungkinan aplikasi dari perangkat hampir semua komputer di sana adalah perangkat lunak pada satu ini. Microsoft Office.

Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak (software) yang sengaja dibuat untuk kebutuhan kantor. Oleh karena itu, bernama kantor, sementara Microsoft adalah pembuat vendor perangkat lunak. Microsoft Office berisi banyak kantor aplikasi perangkat lunak dengan fungsi tertentu seperti Microsoft office Word adalah sebuah perangkat lunak pengolah kata, Microsoft Office Excel untuk angka dan perhitungan, pengolahan kantor Power Point untuk kebutuhan presentasi. Dan ada beberapa orang lain. Baca Juga: Pengertian Microsoft Office dan Fungsinya

3. web Browser (perangkat lunak Internet Browser)
Oke, mari kita lanjutkan diskusi kita tentang perangkat lunak komputer, serta gambar. Sekarang kita telah membahas dua buah perangkat lunak. Sekarang IE ketiga aplikasi Browser web. Apa adalah web Browser. Jika dalam bahasa kita biasanya dikenal sebagai internet browsing. Perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk berselancar di dunia maya (internet).

Jika perangkat lunak ini saya yakin semua orang tahu. Bahkan mereka yang tidak pernah menggunakan itu kadang-kadang juga tahu bahwa meskipun itu tidak pernah tahu bagaimana alam benar-benar adalah. Siapa pun sekarang yang tidak tahu Google. Tapi aplikasi yang tidak googlenya, tetapi kita tahu itu dengan Chrome. Software untuk mengakses internet adalah cukup banyak, tetapi empat ini biasanya digunakan.

Apakah hanya itu?

Tentu saja tidak, ada banyak perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai web browser Mozilla, Opera Mini, Safari, dan lain-lain. Bahkan dari sistem operasi windows kita punya perangkat lunak untuk browsing internet, yang dikenal sebagai Internet Explorer. Tapi karena runingnya cukup berat sehingga sebagian orang memilih untuk menggunakan perangkat lunak atau aplikasi lain.

4. perangkat lunak pengolah gambar
Tidak kalah penting dengan yang lain adalah perangkat lunak ini. Oleh karena itu, pada Windows sistem operasi tidak juga sudah tersedia perangkat lunak jenis ini. Fungsi software ini khusus untuk pengolahan (edit) gambar atau gambar. Di sini ada beberapa gambar pengolahan perangkat lunak yang cukup terkenal.

   a. Paint
Perangkat lunak ini adalah gambar pengolahan aplikasi yang sudah sedikit saya menyinggung di atas. Paint adalah perangkat lunak komputer yang disediakan oleh sistem operasi windows sebagai pelengkap untuk perangkat lunak editing gambar. Program ini sangat sederhana dengan menggunakan sederhana, sehingga orang-orang terkesan jarang menggunakannya. Jika saya selalu menggunakan software ini, karena hal ini sangat ringan dan mudah digunakan.

   b. adobe Photoshop
Ada lebih dari gambar atau foto pengolahan profesional software dengan nama "Photoshop". Adalah perangkat lunak dari Adobe yang sudah cukup banyak perangkat lunak spawn handal dan berkualitas cukup. Dengan fitur yang luar biasa, perangkat lunak pengolah gambar ini bisa melakukan banyak sekali modifikasi dan visual efek-efek pada foto atau gambar. Tapi Anda harus belajar sebelum Anda dapat menggunakannya.

   c. Corel Draw
Perangkat lunak pengolah gambar satu ini memiliki fitur dan fungsi yang lebih detail dari Photoshop. Dengan software ini Anda dapat membuat logo, editing gambar, atau juga menggambar dalam cara yang unik. Tetapi konsekuensi tentu saja Anda harus belajar pertama. Cobalah dana.

5. perangkat lunak pemutar Video
Kami meneruskan diskusi kami perangkat lunak komputer dan fungsi dengan perangkat lunak atau perangkat. Komputer memang alat multi-tujuan tunggal. Selain itu untuk bekerja, komputer juga kita digunakan untuk menonton film atau video. Di sini, peran dari salah satu aplikasi perangkat lunak perngkat yaitu pemutar video. Ada banyak software pemutar video dan Windows juga sudah menyediakan perangkat lunak pemutar video yang cukup mampu IE Windows Media Player.

Apa saja ini sendirian? Tentu saja tidak, ada banyak aplikasi atau perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai sebuah pemutar video seperti Media Player Clasic, GOM Player, dan banyak lagi.

6. perangkat lunak pemutar media (Audio, Video)
Selain pemutar video seperti telah kami jelaskan di atas, ada juga perangkat lunak komputer yang hanya memutar audio file. Tetapi sebagian besar keduanya dapat dilakukan. Ini berarti bahwa setiap perangkat dapat pasti bermain vidoo file Player Audio. Windows adalah hanya satu aplikasi hanya sebagai pemurat pemutar audio video sekaligus.

Jika Anda masih ingat ketika Anda pertama kali belajar komputer pada waktu yang telah lalu. Winamp, adalah bagian dari perangkat lunak atau perangkat lunak komputer dengan peran utama sebagai pemutar musik perangkat lunak yang paling populer pada waktu itu.

Perangkat lunak aplikasi terhubung ke hardware (kartu suara) yang sebelumnya telah dikendalikan oleh sistem perangkat lunak komputer. Jadi Anda dapat mendengar suara audio pada speaker Anda.

7. perangkat lunak perekaman audio
Selanjutnya ada juga perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai Perekam audio atau perekam suara. Tidak sama dengan suara atau audio player. Perangkat ini terhubung dengan kartu suara (hardware) yang dapat digunakan untuk merekam suara melalui perangkat seperti mikrofon. Namun jendela lain juga telah menyediakan perangkat ini. Hanya saja, sangat minim dan kita tidak bisa melakukan pengeditan terhadap hasil rekaman suara kami.

Oleh default windows perangkat lunak kami dapat merekam suara dengan perangkat tambahan dalam bentuk mikrofon, atau menggunakan mikrofon pada headphone.

Ada banyak software rekaman audio yang lain yang cukup populer. Bahkan perangkat lunak sudah dilengkapi dengan berbagai fitur Audio mengedit, efek, dan juga Anda dapat melakukan multi lagu terdengar seperti sebuah studio rekaman. Salah satu perangkat lunak komputer untuk audio editing misalnya Cool Edit Pro.

8. antivirus software
Ternyata bahwa tidak hanya manusia dapat kontrak virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Komputer Anda juga terinfeksi dengan virus yang bisa mengganggu dan membuat kesalahan. Virus juga perangkat lunak, tetapi itu adalah sifat yang mengganggu dan hanya iseng yang membuatnya. Kemudian dengan adanya kejadian ini. Banyak perusahaan perangkat lunak membuat berfugnsi perangkat lunak komputer untuk melawan kemungkinan bahwa keberadaan virus ini. Baca juga: Macam Macam Software AntiVirus Komputer dan Pengertiannya

Perangkat lunak antivirus adalah juga sangat banyak. Kadang-kadang juga memiliki spesifikasi khusus. Tapi ada beberapa yang sudah cukup populer dan dapat diandalkan. Jika Anda juga menggunakan antivirus ini?

9. software pemeliharaan
Anda juga dapat menggunakan software ini di komputer Anda. Sebuah program komputer yang dibuat dengan fungsi memaintenance untuk beberapa pengaturan-the pengaturan pada komputer. Contoh, setiap kali kami membuka mesin pasti akan ditinggalkan disimpan pada memori di komputer kita. Dia akan menjadi banyak. Ada juga the kesalahan kesalahan adalah bahwa kita tidak melihat juga dapat kita mendeteksi secara manual. Dengan perangkat lunak komputer yang kita bisa membersihkan naik dan menstabilkan komputer.

Contoh terkenal sejuk dan masih banyak digunakan IE Ccleaner. Saya yakin Anda tahu. Ada juga yang memiliki spesifikasi yang sangat lengkap dan detail. Nada Up utilitas, dan banyak lagi.

10. software Device driver
Terakhir dalam pembahasan kita kali ini yaitu driver perangkat lunak (software). Driver tertentu adalah controller atau controller atau kita bisa juga mengatakan para penggerak. Driver biasanya digunakan untuk menghubungkan hard perangkt atau aksesoris yang dipasang pada komputer sehingga dapat berfungsi dengan perintah kami menjalankan melalui sistem operasi.

Perangkat lunak ini jelas sangat banyak karena hampir semua komponen komputer yang menyertainya dan juga tambahan aksesoris komputer. Contoh paling sederhana adalah printer driver. Printer adalah perangkat keras bahwa kita dapat koneksikan dengan komputer kita, tetapi memerlukan perangkat lunak komputer tambahan, yaitu sopir agar dapat terhubung dengan sistem komputer kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Contoh Perangkat Lunak Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

0 komentar:

Posting Komentar