Rabu, 29 November 2017

10 Situs Jejaring Sosial (Media Sosial) Terpopuler di Dunia

10 Situs Jejaring Sosial (Media Sosial) Terpopuler di Dunia - Media Sosial Adalah jaringan situs atau situs jejaring sosial, sosial media online yang memungkinkan pengguna (user) untuk membuat profil atau informasi pribadi sehingga ia dapat berhubungan dengan orang lain. Informasi pribadi yang bersangkutan mungkin termasuk foto, Video, data pribadi seperti nama, tempat/tanggal lahir, alamat, pendidikan, pekerjaan dan data pribadi lainnya. Situs jaringan sosial juga memungkinkan pengguna untuk menulis sehariannya kegiatan atau berbagi berbagai hal berpengalaman atau dirasakan.

Di Indonesia, mungkin kita hanya tahu beberapa situs jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, jalan, Instagram dan Google plus. Tetapi pada kenyataannya, ada ratusan situs jaringan sosial di dunia maya ini dan di antara ratusan situs jaringan sosial, Facebook adalah populer sosial jaringan situs di dunia dengan pengguna aktif sebanyak 1,35 miliar pengguna. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna yang paling Facebook di dunia yang menempati No. 4 dengan para pengguna tentang 60.3 penduduk. Dibaca: 10 negara dengan pengguna yang paling Facebook di seluruh dunia.

10 Situs Jejaring Sosial (Media Sosial) Terpopuler di Dunia


Posisi kedua paling populer situs jaringan sosial di dunia diduduki oleh pengguna QZone aktif dengan sekitar 629 juta orang. Qzone adalah sebuah situs jaringan sosial dari Cina bahwa sebagian besar pengguna yang adalah warga. Sementara kegugupan adalah cukup populer di Indonesia hanya peringkat 6 di dunia. Baca juga: Pengertian Media Sosial dan Fungsinya

Daftar 10 paling populer situs jaringan sosial di dunia

Berikut adalah daftar dari 10 paling populer situs jaringan sosial di dunia berdasarkan jumlah pengguna aktif.

1. Facebook
Jumlah pengguna aktif: 1.35 Billion
Negara asal: Amerika Serikat
Didirikan tahun: 2004
Situs web: Facebook.com
Peringkat Alexa: 2

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg berkantor pusat di Menlo Park, California dan telah menjadi perusahaan publik (Tbk) tahun 2012 dengan pendapatan sebesar US $7,87 miliar pada tahun 2013. Beberapa perusahaan teknologi yang diakuisi oleh Facebook antara lain seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore.

2. Qzone
Jumlah pengguna aktif: 629 juta
Negara asal: China
Didirikan tahun: 2005
Situs web: qzone.qq.com
Peringkat Alexa: 10

Qzone adalah situs jaringan sosial yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan Cina yaitu Tencent Holding Ltd. pada tahun 2005. Meskipun sosial jaringan yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, tetapi Cina Qzone terkenal hanya dengan sebagian besar pengguna yang adalah warga negara Cina. Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

3. Google +
Jumlah pengguna aktif: 343 juta
Negara asal: Amerika Serikat
Diluncurkan tahun: 2011
Situs web: plus.google.com

Google + atau Google Plus adalah produk dari perusahaan Internet raksasa Google Inc, yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus adalah salah satu situs jaringan sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya untuk jangka waktu 3 tahun telah menarik 343 juta pengguna aktif. Ini benar-benar memiliki hubungan yang kuat dengan sistem operasi popularnya untuk ponsel yang Android dan Google posisi kuat juga di mesin pencari (Search Engine).

4. LinkedIn
Jumlah pengguna aktif: 332 juta
Negara asal: Amerika Serikat
Didirikan tahun: 2003
Situs web: linkedin.com
Peringkat Alexa: 14

LinkedIn adalah jaringan sosial situs berorientasi bisnis. Ini umumnya digunakan sebagai jaringan sosial untuk profesional. LinkedIn yang berkantor pusat di Mountain View, California telah menjadi perusahaan publik pada tahun 2011 dengan pendapatan pada 2013 sebesar AS $1.52 juta. LinkedIn tersedia dalam 20 bahasa dan salah satu dari mereka adalah bahasa Indonesia. 

5. Instagram
Jumlah pengguna aktif: 300 juta
Negara asal: Amerika Serikat
Didirikan tahun: 2010
Situs web: instagram.com
Peringkat Alexa: 30

Instagram adalah sebuah situs jaringan sosial yang memungkinkan para pengguna untuk mengambil foto atau Video dan bersama-sama dengan berbagai digital filter dan kemudian membagikannya pada banyak jaringan sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan pasti Instagram itu sendiri. Situs jaringan sosial yang hanya ditemukan di sistem operasi Apple iOS dan Google Android telah diakuisisi oleh Facebook tahun 2012 untuk US $1 miliar.

6. twitter
Jumlah pengguna aktif: 284 juta
Negara asal: Amerika Serikat
Didirikan tahun: 2006
Situs web: twitter.com
Peringkat Alexa: 8

Twitter adalah situs jejaring sosial yang hanya memungkinkan pengguna megirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter, Twitter adalah pesan singkat yang dikenal sebagai Tweets atau Twitter. Twitter, yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah kaca pada tahun 2006 ini menjadi perusahaan publik pada tahun 2013 denganpendapatan US $664 juta pada tahun 2013.

7. Tumblr
Jumlah pengguna aktif: 230 juta
Negara asal: Amerika Serikat
Tahun berdiri: 2007
Situs web: tumblr.com
Peringkat Alexa: 35

Tumblr adalah situs jaringan sosial dan Blogging mikro, yang didirikan oleh David Karp. Tumblr telah diakuisisi oleh Yahoo pada 2013 dengan nilai US $1.1 miliar. 

8. Sina Weibo
Jumlah pengguna aktif: 157 juta
Negara asal: China
Didirikan tahun: 2009
Situs web: weibo.com
Peringkat Alexa: 15

Seperti Qzone, Sina Weibo atau lebih dikenal sebagai Weibo adalah sebuah situs jaringan sosial yang berasal dari Cina dan hanya populer di Cina. Hal ini karena bahasa dukungan hanya bahasa Mandarin dan Inggris hanya. Weibo juga sering dikutip sebagai nya Twitter Cina. Baca juga: Manfaat Media Sosial Bagi Kehidupan 

9. Vkontakte
Jumlah pengguna aktif: 100 juta
Negara asal: Rusia
Didirikan tahun: 2006
Situs web: vk.com
Peringkat Alexa: 22

Vkontakte atau disingkat dengan VK adalah situs jejaring sosial yang berasal dari Rusia dengan mayoritas pengguna adalah negara-negara yang menggunakan bahasa Rusia seperti Rusia, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan dan Ukraina. Tapi sebenarnya Vkontakte juga tersedia dalam 70 bahasa, termasuk bahasa Indonesia tipe.

10. Snapchat
Jumlah pengguna aktif: 100 juta
Negara asal: Amerika Serikat
Tahun didirikan: 2011
Situs web: snapchat.com
Peringkat Alexa: 10,549

Snapchat adalah sebuah situs jaringan sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar, Video dan teks kemudian mengirimkannya ke orang lain. Snapchat memiliki fitur yang unik, yang dapat menghapus foto atau video dalam jangka waktu tertentu.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Situs Jejaring Sosial (Media Sosial) Terpopuler di Dunia

0 komentar:

Posting Komentar