Rabu, 29 November 2017

Pengertian Mikrotik Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Mikrotik

Pengertian Mikrotik Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Mikrotik - Perkembangan teknologi informasi tidak dapat dipisahkan dari pengembangan infrastruktur jaringan teknologi dan komputer. Teknologi informasi berkembang pesat berkat semakin mendukung jaringan komputer yang memadai. Sebagian besar contoh yang gampang adalah perkembangan media sosial yang tidak dapat ditolak untuk memiliki saham aliran informasi yang dikirim dari pusat informasi sampai ke penerima informasi. Kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi, bahkan melalui mobile media walaupun, ini adalah karena semakin canggih ponsel fasilitas mendukung berbagai jenis jaringan akses data dan infrastruktur jaringan kini telah lebih baik juga juga tersedia dalam hampir Semua area.

Banyak sekali komponen pada komputer jaringan sehingga menciptakan infrastruktur jaringan yang kita dapat menikmati. Salah satu komponen dari jaringan komputer yang milik komponen yang paling penting adalah router. Router itu sendiri berfungsi sebagai penghubung dan mengendalikan dua atau lebih jaringan ke depan data dari satu jaringan ke jaringan lain.

Pengertian Mikrotik Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Mikrotik


Router adalah perangkat jaringan komputer yang memiliki fungsi khusus seperti disebutkan di atas. Seperti dengan komputer lain, router juga berjalan pada sistem operasi tertentu. Salah satu sistem operasi populer router yang digunakan saat ini adalah Mikrotik RouterOS. Kemudian Apakah arti RouterOS Mikrotik? Kita akan membahas gagasan Mikrotik pada artikel ini. Baca Juga: Pengertian Router Fungsi dan Contoh Router

Pengertian Mikrotik

Rasa Mikrotik adalah sebuah sistem operasi termasuk perangkat lunak yang diinstal di komputer sehingga komputer dapat bertindak sebagai jantung dari jaringan, jaringan data manager atau pengendali lalu lintas, komputer jenis ini dikenal sebagai router. Jadi intinya adalah salah satu sistem operasi mikrotik khusus untuk router. Mikrotik Router dikenal sebagai salah satu OS handal dan memiliki banyak fitur untuk mendukung kelancaran jaringan.

Fungsi dan Keuntungan Mikrotik

Mikrotik router dapat digunakan pada jaringan komputer, skala kecil atau besar, ini adalah sumber daya yang pasti disesuaikan daripada komputer itu sendiri. Jika digunakan untuk mengatur jaringan mikrotik kecil maka penggunaan perangkat bisa memiliki biasa-biasa saja, tapi jika yang ditangani adalah skala besar jaringan seperti ISP kelas maka penggunaan perangkat harus benar-benar dapat diandalkan yang memiliki spesifikasi tinggi.

Kelebihan Router Mikrotik sangat mudah beroperasi. Disebut mudah jika kita bandingkan dengan OS lain seperti Cisco router dan banyak lagi. Kemudahan operasi yang berbasis Mikrotik Router OS adalah berkat ketersediaan fitur dari GUI. Sehingga kami dapat setup router Anda tidak hanya melalui tampilan teks yang digunakan dalam router lain OS, tetapi juga dapat dilakukan melalui aplikasi berbasis GUI remote disebut Winbox. Keuntungan lain dari Mikrotik RouterOS adalah jumlah besar fitur yang didukung. Fitur jaringan yang terdapat pada Mikrotik OS adalah: Baca Juga: Pengertian IP Address (Internet Protocol)

Address List: merupakan kumpulan kelompok IP Address yang berdasarkan nama 

Bridge: seperti namanya yang ini mempunyai fungsi untuk bridge spinning’tree dan multiple bridge interface bisa juga untuk bridging firewalling

Data Rate Management: merupakan QoS yang memiliki dasar HTB yang menggunakan:
-burst
-PCQ
-RED
-SFQ
-FIFO queue
-CIR
-MIR
-limit antar peer to peer

Asynchronous : mempunyai dukungan untuk serial PPP dial-in atau dial-out, memiliki otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports.

Bonding: mengkombinsaikan beberapa ethernet dalam satu pipa pada koneksi yang sangat cepat.

DHCP: support DHCP tiap antarmuka DHCP Relay, DHCP Client, multiple network DHCP
static and dynamic DHCP leases.

Monitoring penghitungan: mampu menghitung Traffic IP, log, statistik graph.

NTP: kepanjangan NTP adalah Network Time Protokol yang berguna didalam server dan clients atau bisa juga untuk mengsinkronisasi menggunakan GPS system.

Proxy: kemampuannya untuk Cache FTP dan HTTP proxy server, HTTPS proxy bisa juga untuk transparent proxy DNS dan HTTP, sangat support protokol SOCKS, parent proxy, static DNS.

Routing: RIP v1/v2,OSPF v2,BGP v4

SDSL: support Single Line DSL, mampu memutuskan suatu jalur koneksi dan jaringan, artinya kita berkuasa jika kita yang pegang settingan ini..

Simple Tunnel: Ethernet over IP

SNMP: Simple Network Monitoring Protocol untuk read only

Firewall dan NAT: support untuk filterisasi koneksi peer to peer, source NAT dan destination NAT. keunggulan nya adalah kemampuannya dalam memfilter berdasarkan:
MAC address
IP address
range port
protokol IP
pemilihan opsi protokol seperti ICMP
TCP Flags dan MSS

Hotspot: bagian ini semua sudah tahu, didalamnya memiliki Hotspot gateway dengan otentikasi RADIUS. support untuk limit data, SSL ,HTTPS.

IPSec: Fitur yang ada adalah

-Protokol AH dan ESP untuk IPSec
-MODP Diffie Hellmann groups 1,2,5
-MD5 dan algoritma SHA1 hashing;
-mampu mengalogritma enkirpsi menggunakan DES, 3DES, AES-128, AES-192, AES-256;
-Perfect Forwarding Secresy (PFS) MODP groups 1, 2,5

ISDN: support untuk ISDN dial in dan dial out. dengan beberapa otentikasi dibawah ini :
PAP, CHAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius.
supporting 128K bundle, Cisco HDLC, x751, x75ui, x75bui line protokol.

M3P: merupakan MikroTik Protokol Paket Packer yang digunakan dalam wireless links dan ethernet.

MNDP: merupakan MikroTik Discovery Neighbour Protokol, seperti kebanyakan mempunyai dukungan untuk Cisco Discovery Protokol (CDP).

Tool: seperti pada umumnya sebuah router biasa, disini juga dapat test Ping, Trace route, bandwidth test, ping flood, telnet, SSH, packet sniffer, Dinamik DNS update.

VLAN : Mendukung Virtual LAN IEEE 802.1q untuk jaringan ethernet dan wireless; multiple VLAN; VLAN bridging.

WinBox: sebuah aplikasi untuk remote dan mengkonfigurasi MikroTik itu sendiri.

dan banyak lagi, termasuk dukungan scripting pemrograman
Mikrotik adalah sistem operasi sederhana router dapat menjalankan dan mengelola kegiatan jaringan secara keseluruhan. Mulai dari manajemen bandwidth, routing, penagihan, data pengguna, load balancing dan BGP routing.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Mikrotik Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Mikrotik

0 komentar:

Posting Komentar