Jumat, 01 Desember 2017

Pengertian Sosial Network dan Sosial Media Serta Perbedaannya

Pengertian Sosial Network dan Sosial Media Serta Perbedaannya - Sosial media/media sosial adalah sebuah media online dengan para pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten termasuk blog, Sosial Network, wiki, forum dan dunia maya. Blog, wiki, dan jaringan sosial adalah suatu bentuk media sosial yang paling sering digunakan oleh orang di seluruh dunia. Account lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial yang menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "kelompok berbasis internet aplikasi yang dibangun di atas dasar teknologi Web 2.0 dan ideologi, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".

Pengertian Sosial Network dan Sosial Media Serta Perbedaannya


Sosial Network adalah Sebuah situs di mana orang dapat membuat halaman web pribadi, dan kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jaringan sosial terbesar antara lain, Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional untuk menggunakan media cetak dan siaran, maka media sosial yang menggunakan internet. Media sosial mengundang siapa pun yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberikan kontribusi dan umpan balik secara terbuka, membuat komentar dan berbagi informasi dengan cepat dan tak dibatasi. Baca Juga: Pengertian Media Sosial Lengkap dengan Contohnya

Social MEDIA: media sosial adalah media online yang mendukung seseorang mampu berinteraksi melalui internet/web berbasis situs.

Contoh aplikasi Media sosial.

-CNN, BBC, detik, Okezone dan berbagai situs seperti itu tidak diciptakan untuk memberikan berita cepat sebagai pengganti untuk sebuah koran / majalah.-TwettDeck adalah salah satu aplikasi yang berguna untuk memenajemen manual untukkan Media sosial tetapi paling sering digunakan untuk bermain twitter.

-Google, Altavista, Yahoo dan situs web seperti itu adalah aplikasi pencarian sejumlah kata-kata yang terkandung dalam situs web untuk mencari berita.

-Youtube, seleb.tv, metacafe dan website yang menyediakan layanan seperti mendistribusikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita dalam audio visual.

Jejaring sosial juga disebut persahabatan jaringan sosial antar jaringan, karena itu adalah bentuk layanan internet yang dimaksudkan untuk menjadi sebuah komunitas online untuk orang-orang yang memiliki kesamaan kegiatan, minat dalam bidang tertentu, atau kesamaan tertentu Kehidupan awal. 

Contoh aplikasi Sosial Network

-Twitter, Facebook, Friendster, aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga ia dapat berhubungan dengan orang lain. Informasi pribadi yang bisa seperti foto-foto.

-Youtube, Devianart sini pengguna ini pengguna saling berbagi konten-konten media, seperti baik video, eBook, gambar dan lain-lain.

-MySpace.com adalah sebuah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan teman, profil pribadi, blogs, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan orang dewasa di seluruh dunia.

-Multiply.com adalah salah satu layanan Blogging populer saat ini karena menyediakan fasilitas lengkap untuk blogger, seperti blog itu sendiri, album foto, buku tamu, musik, video, link, ulasan, dan banyak lagi.

Ketika teknologi internet dan ponsel lebih lanjut maka setiap sosial media bergabung tumbuh pesat. Sekarang untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan ponsel. Jadi seberapa cepat orang dapat mengakses fenomena media sosial mengakibatkan arus informasi tidak hanya di negara maju tetapi juga di Indonesia. Karena ini media sosial juga mulai muncul untuk menggantikan peran media massa konvensional dalam menyebarkan berita.

Perkembangan media sosial sekarang karena semua orang seperti itu bisa memiliki media mereka sendiri. Jika itu adalah untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio atau koran diperlukan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain kasus dengan media. Media sosial pengguna dapat mengakses menggunakan jaringan media sosial dengan akses internet lambat bahkan meskipun, tanpa biaya yang besar, tanpa alat mahal dan melakukannya sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna media sosial bisa dengan bebas mengedit, tambahkan, memodifikasi baik teks, Gambar, video, grafis, dan berbagai model konten lain.

Social media diskrit, yaitu sebagai berikut:
Pesan menyampaikan tidak hanya untuk satu orang saja tapi bisa keberbagai banyak orang sebagai contoh pesan melalui SMS atau internet.

Pesan lewat secara bebas, tanpa harus pergi melalui penunggu.

Pass pesan cenderung lebih cepat di banding media lain.

Penerima pesan menentukan waktu interaksi.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.  Baca Juga; Jenis Jenis Media Soaial dan Penjelasannya

Perkembangan media sosial sekarang karena semua orang seperti itu bisa memiliki media mereka sendiri. Jika itu adalah untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio atau koran diperlukan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain kasus dengan media. Media sosial pengguna dapat mengakses menggunakan jaringan media sosial dengan akses internet lambat bahkan meskipun, tanpa biaya yang besar, tanpa alat mahal dan melakukannya sendiri tanpa karyawan. Media sosial pengguna bebas dapat mengedit, menambah, mengubah baik teks, Gambar, video, grafis, dan berbagai model konten lain.

Peran dan fungsi media sosial

Media sosial adalah alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai pelanggan dan klien. Media sosial seperti blog, facebook, twitter, dan youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat daripada konvensional media seperti cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki keunggulan dibandingkan dengan media konvensional, seperti:

Kesederhanaan
Dalam media konvensional produksi diperlukan tingkat tinggi keahlian dan keterampilan pemasaran yang unggul. Sementara media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang-orang tanpa dasar itu dapat mengaksesnya, semua yang diperlukan adalah hanya sebuah komputer dan koneksi internet.

Membangun hubungan
Media sosial menawarkan kesempatan yang tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan umpan balik langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak mampu melakukannya, media tradisional hanya melakukan komunikasi sekali jalan.

Jangkauan global
Media tradisional dapat mencapai global tapi tentu saja dengan biaya yang sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat berkomunikasi informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten Anda untuk segmen pasar masing-masing dan menyediakan peluang bisnis untuk mengirim pesan ke pengguna lain.

Scalable
Dengan sistemtracking mudah, pengiriman pesan mungkin terukur, sehingga perusahaan dapat langsung mengetahui efektivitas promosi. Tidak begitu dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.

Fungsi Sosial Media

Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi yang terkait dengan sistem komunikasi, yaitu:

Administrasi
Mengorganisir proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan posisi relatif pasar tempat Anda berada sekarang. Pembentukan kebijakan media sosial, pelatihan dan pendidikan untuk semua karyawan menggunakan media sosial. Pembentukan organisasi blog dan isi integrasi dalam masyarakat yang relevan. Pasatr penelitian untuk menemukan di mana pasar Anda.

Mendengarkan dan belajar
Pembentukan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang akan ingin pasar Anda, apa relevan dengan mereka.

Berpikir dan perencanaan
Dengan melihat pada tahap 1 dan 2, bagaimana akan Anda tinggal di depan pasar dan begaiman Anda berkomunikasi ke pasar. Bagaimana teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.

Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk mengukur Apakah metode yang digunakan, konten yang dibuat dan alat-alat yang Anda gunakan efektif meningkatkan posisi pasar dan hubungan.

Lalu bagaimana dengan Sosial Network? Apa gunanya? banyak gunanya, tapi sayangnya ada beberapa orang hanya melihat bahwa membuat jaringan sosial, menciptakan semata-mata hiburan. Tapi itu hanya sebagian kecil dari banyak manfaat dari jaringan sosial yang kita sering tidak tahu. Nah berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan sosial

Manfaat Sosial Network

1. kita bisa berhubungan sama lain orang-orang dengan cepat, aman, dan murah.
Beberapa sosial Network menawarkan sangat memuaskan seperti yang kita dapat chattingan sama lain orang-orang di mana saja dan kapan saja dengan hanya memiliki account jaringan sosial. Jadi saat ini berhubungan dengan orang lain dari mana saja di seluruh dunia terasa sangat mudah dengan bantuan dari jaringan sosial.

2. sosial jaringan juga bisa menjadi sarana untuk menjual secara online.
Sekarang dengan bantuan internet semua merasa mudah, menjual setiap kegiatan yang tidak perlu untuk menyatukan pembeli dan penjual. hanya posting iklan pada jaringan sosial yang makan barang akan terlihat pembeli sehingga barang-barang yang kami Jual juga akan dijual. Dengan kata lain jaringan sosial atau lebih tepatnya internet juga berpartisipasi dalam kegiatan pembelian dan penjualan di seluruh dunia

3. sosial jaringan juga dapat berguna dalam pendirian pendidikan.
Jika kita menggunakan jaringan sosial dengan bijaksana, dan dengan kegiatan yang positif makan penggunaan jaringan sosial itu sendiri dapat dioptimalkan manfaatnya. dalam hal pendidikan di jaringan sosial juga dapat mempercepat atau membantu proses belajar. Nah setelah penjelasan di atas, sudah pahamkan Anda tentang perbedaan dalam sosial media dengan jaringan sosial?
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Sosial Network dan Sosial Media Serta Perbedaannya

0 komentar:

Posting Komentar